Friday, April 19, 2013

Pengerasan pembuluh darah

Kita sering mendengar istilah penyempitan pembuluh darah. Namun mungkin belum banyak yang mengetahui tentang hal tersebut, apalagi kaitannya dengan pengerasan pembuluh darah. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai kedua hal tersebut dan apa bahayanya bagi kesehatan kita.

Arteri adalah pembuluh darah yang tugasnya membawa oksigen ke seluruh tubuh. Arteri yang sehat sifatnya kuat dan elastis. Namun lama-kelamaan, jika ada banyak tekanan di dalam arteri, dindingnya dapat menjadi tebal dan kaku. Hal inilah yang mengakibatkan arteriosclerosis.

Arteriosclerosis adalah sebutan untuk pengerasan pembuluh darah. Penyakit ini bisa dialami oleh semua usia, namun memang paling banyak dialami oleh kelompok usia lanjut karena tubuh mereka sudah mulai melemah.

Arteriosclerosis biasanya diawali oleh atherosclerosis, yaitu pengendapan kolesterol dan lemak (plak) di bagian dalam dinding pembuluh darah, yang akan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah sehingga dapat menghambat aliran darah. Paling berbahaya jika penyempitan terjadi di pembuluh koroner jantung dan pembuluh darah otak, karena bisa mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Karena pengendapan lemak di pembuluh darah, organ dan jaringan bisa jadi tidak menerima darah yang cukup dan tidak bisa berfungsi dengan baik. Plak tersebut bisa pecah dan kemudian mengakibatkan bekuan darah yang merusak organ. Bekuan darah ini juga bisa sampai di bagian tubuh lain dan menyumbat aliran darah ke organ tubuh yang lain.

Beberapa penyebab pengerasan pembuluh darah ini adalah hipertensi, diabetes mellitus, kebiasaan merokok, dan obesitas. Beberapa gejala yang mungkin timbul dan tidak boleh Anda abaikan adalah tekanan darah tinggi, infeksi ginjal, pengurangan sirkulasi darah ke jari-jari tangan dan kaki. Gejala lain yang mungkin timbul adalah penurunan aktifitas mental, kehilangan memori, pusing dan kebingungan.

Yang paling umum terjadi mungkin arteriosclerosis koroner, yaitu ketika pembuluh darah di jantung menjadi sangat sempit sehingga darah tidak bisa mengalir. Berikut adalah video bagaimana penyumbatan pembuluh darah dapat mengakibatkan serangan jantung.







Untuk mengobati penyakit ini yang penting adalah perubahan gaya hidup. Jika Anda perokok, Anda perlu berhenti merokok. Dan jika Anda obesitas, Anda perlu mengurangi berat badan Anda. Jika Anda punya riwayat kolesterol tinggi di keluarga Anda, mau tidak mau Anda harus diet untuk mengontrol kolesterol. Vitamin dan suplemen juga bisa membantu pengobatan arteriosclerosis, contohnya vitamin C, vitamin E, oat bran, sytrinol, niacin, serta antioksidan.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk dapat lebih memahami mengenai penyempitan dan pengerasan pembuluh darah, serta bahayanya bagi kesehatan Anda. Untuk menghindarinya, mulailah pola hidup sehat mulai dari saat ini.  Pola hidup sehat ini juga bisa dibantu dengan suplemen herbal ProArgi-9 Plus dari Synergy Worldwide yang mengandung Arginin. Arginin adalah asam amino penting yang berfungsi untuk membersihkan pembuluh darah dari plak-plak yang dapat menyebabkan pengerasan dan pembuluh darah ini.

(sumber: youtube.com)

No comments:

Post a Comment