Monday, August 19, 2013

Buah untuk kesehatan jantung


Apa fungsi buah untuk kesehatan jantung? Ternyata sangat penting. Selama ini kita mungkin berpikir bahwa buah hanya sebatas tambahan untuk vitamin dan mineral dan hanya kita konsumsi untuk pencuci mulut setelah makan besar. Ternyata sangat penting untuk mengkonsumsi banyak buah setiap harinya.

Beberapa waktu lalu, kita dikejutkan oleh kematian mendadak beberapa orang terkenal, seperti Adjie Massaid dan Ricky Johannes. Padahal, usia mereka masih terbilang muda dan gaya hidup mereka termasuk sehat karena gemar berolah raga.

Diketahui bahwa penyebab kematian mereka tersebut adalah serangan jantung mendadak. Kenapa jantung bisa berhenti mendadak? Umumnya hal ini disebabkan oleh sumbatan dan kolesterol di pembuluh darah. Namun menurut Dr. Samuel Oentoro, MS SPGK, penyebab utama penyakit jantung adalah rusaknya dinding pembuluh darah akibat radikal bebas yang menyebabkan menempelnya endapan kolesterol dan menyebabkan penyumbatan. Padahal dalam kerjanya, jantung membutuhkan pasokan oksigen melalui aliran darah. Sehingga, jika dalam pembuluh darah terjadi penumpukan dan sumbatan kolesterol, aliran darah akan terganggu sehingga dapat menjadi cikal bakal penyakit jantung koroner.

Senyawa radikal bebas dapat timbul dan meningkat akibat paparan lingkungan, seperti radiasi sinar ultraviolet, stres, rokok, diet tidak sehat, dan konsumsi makanan berlemak tinggi. Selain merusak dinding pembuluh darah, radikal bebas juga merusak atom-atom sel-sel sehat lainnya sehingga dapat menyebabkan penyakit degeneratif lainnya, seperti penuaan, kanker, obesitas, dan lainnya.

Untuk mencegah hal di atas, sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi buah dan sayuran, yang merupakan sumber antioksidan. Khasiat buah untuk kesehatan jantung ternyata sangat penting. Berdasarkan rekomendasi World Health Organization (WHO), konsumsi buah yang dianjurkan adalah minimal 3 porsi sehari. Jadi, dalam sehari Anda dianjurkan mengkonsumsi 3 buah yang berbeda atau 3 buah yang sama. Namun menurut Dr. Samuel, yang bagus adalah 10 porsi dari 10 jenis dan 10 warna buah setiap hari. Warna-warna buah menunjukkan tingkat kandungan antioksidan. Masing-masing buah memiliki khasiat berbeda, jadi konsumsi banyak variasi buah akan lebih baik dan menyehatkan.


Misalnya, buah berwarna merah seperti tomat, strawberry, dan apel, berguna untuk menangkal penyakit jantung dan kanker. Buah berwarna putih seperti pir, bermanfaat mencegah penyakit kanker. Sementara buah berwarna orange, seperti jeruk, berguna untuk mata dan meningkatkan sistem imun.

Dr. Samuel juga menyarankan, agar jantung tetap sehat, selain rajin mengkonsumsi buah-buahan, kita juga harus rajin berolah raga sebanyak 3 sampai 5 kali seminggu.

Sayangnya, masyarakat Indonesia masih belum menyadari pentingnya mengkonsumsi buah-buahan. Hal ini menyebabkan banyak dari masyarakat kita yang terkena penyakit jantung serta masalah kesehatan lain, seperti penuaan dini, kanker, obesitas, hipertensi, dan osteoporosis. Hal ini disebabkan oeh sistem imun tubuh kita yang tidak mampu lagi bekerja secara optimal.

Setelah mengetahui pentingnya buah bagi kesehatan jantung, alangkah baiknya jika kita mulai membiasakan diri mengkonsumsi buah setiap hari. Mulai dari 3 porsi buah sehari, lama-kelamaan kita tingkatkan menjadi 10 buah per hari. Buah-buahan juga dapat kita konsumsi dalam bentuk jus buah yang alami.

No comments:

Post a Comment