Sunday, July 7, 2013

Aritmia jantung

Bagi masyarakat awam, istilah aritmia memang masih cukup asing. Itulah sebabnya dalam artikel ini ingin membahas lebih jauh mengenai apa itu aritima jantung, apa penyebabnya, bagaimana gejalanya, dan sebagainya. Aritmia jantung ini merupakan gangguan yang terjadi pada detak jantung baik itu detak jantung yang terlalu cepat atau mungkin terlalu lambat.

Gangguan ini biasanya disebabkan oleh impuls listrik yang dipasang di jantung yang tidak bisa berfungsi secara maksimal dalam mengukur detak jantung. Terjadinya hal ini biasanya dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya adalah; penyalah gunaan narkoba, efek samping dari obat-oabatan seperti obat diet, stress, mengkonsumsi alkohol dan juga kafein, serta gangguan dari adanya berbagai penyakit tertentu.

Jika kita mencoba untuk mengamati, aritmia jantung ini memang seringkali tidak menunjukkan gejala apapun. Hanya saja pada sebagian orang seringkali ditandai dengan adanya beberapa gejala diantaranya adalah pusing, pingsan, mudah lelah, jantung berdebar, detak jantung yang terlalu cepat atau terlalu lambat, hingga merasa nyeri di bagian dada, dan bahkan sesak nafas.



Sebelum masalah ini terjadi pada kita, tidak ada salahnya kita melakukan antisipasi sejak dini dengan selalu menerapkan pola hidup sehat seperti halnya rajin olah raga, mengurangi stress berlebih, berhenti merokok, membiasakan pola makan yang sehat, hingga menghindari konsumsi obat-obatan yang bisa memicu detak jantung.

Pencegahan gangguan pada jantung ini memang penting untuk dilaukan sedini mungkin. Jika masalah pada detak jantung ini terjadi pada kita, maka kita harus benar-benar waspada karena masalah ini bisa meningkatkan resiko penyakit stroke hingga gagal jantung. Itulah sebabnya, pencegahan harus dilakukan sejak dini mengingat masalah ini sangat erat kaitannya dengan organ terpenting dalam tubuh kita, yaitu jantung.

Melakukan diagnosa sejak dini juga merupakan ide yang bagus, sehingga bisa melakukan deteksi dini dengan cara yang lebih tepat. Untuk melakukan diagnosa aritmia jantung, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dari segi fisik terlebih dahulu, baru kemudian dokter akan menyarankan pemeriksaan secara diagnositik dengan alat yang lebih menunjang jika diperlukan untuk mengetahui kondisi jantung yang sebenarnya. Sebuah alat cek kesehatan yang disebut uBioClip juga mampu mendeteksi adanya aritmia jantung ini secara cepat dan akurat.

No comments:

Post a Comment